Abaya dan Lingerie

10 Jan 2011

Kalau nonton Sex in The City 2 ingat enggak adegan empat sahabat di Abu Dhabi saat mereka ditolong oleh perempuan-perempuan bercadar dan menemukan kejutan dibalik cadarnya mereka tak jauh berbeda. Seperti perempuan dibelahan bumi manapun senang mengenakan pakaian modis dan berdandan.

Hal tersebut tak membuat saya heran sebab, salah satu asisten rumah tangga kami saat ini pernah jadi TKW di Saudi. Dia bercerita bahwa kalau di rumah majikan perempuan dan anak-anaknya berpakaian seperti majikan perempuannya di Jakarta.

Mengenakan pakaian yang saya kenakan kalau mau ngantor. Menggunakan make up. Hanya saja jika tak ada laki-laki dalam rumah atau tidak keluar rumah. Mereka semua modis. Cerita film Sex in The City 2 tersebut menegaskan ceritanya. Dan saya kontan tersenyum lebar saat melihat scene tersebut.

Lalu saat melihat Nat Geo Adventure tentang perjalanan seorang reporter ke Saudi. Dia kaget memasuki mall dengan banyaknya brand fashion yang terkenal. Melihat pakaian yang dijual juga tak melulu berisi abaya panjang dan kerudung. Tapi pakaian yang juga dijual dinegaranya.

Saking penasarannya sang pembawa acara mewawancarai para perempuan tersebut dan mereka mengatakan dengan lugas (tidak mempertontonkan) bahwa di balik abayanya mereka bisa mengenakan pakaian apa saja yang mereka mau. Dan mereka hanya diwajibkan menggunakan cadar jika mengunakan make up.

Menarik, tentu saja. Sekali lagi mengukuhkan cerita sang asisten di rumah tentang pengalamannya bekerja di negeri tersebut beberapa tahun silam. Sebagai Negara kaya dengan capital income yang tinggi, bukan hal yang mengherankan jika perempuan di sana lebih dari mampu mendapatkan barang terbaik buat dirinya. Pakaian dari brand kenamaan sampai busana dari gerai designer top dunia.

Sebagai orang yang pernah dikelilingi oleh para pekerja yang bergelut di bidang fashion dan gaya hidup. Saya tahu betul rasanya menempatkan penampilan sebagai prioritas. Saya tahu rasanya beberapa kolega yang selalu screening dari atas hingga bawah saat berpapasan. Tak tahu apa yang dipikirkan tapi yang jelas dari matanya mereka sangat tertarik dengan pakaian yang dikenakan kolega lain. Lucu ya.

Coba jujur pada diri sendiri jika kamu mengenakan busana terbaik apalagi punya keberuntungan membeli brand top. Apa yang kamu rasakan? PD melambung tinggi.

Bila rambut tertata rapi dengan riasan wajah yang apik juga sepatu branded how does make you feel? Oke, lupakan brand kenamaan, anggaplah kamu punya taste fashion oke. Selalu mengikuti perkembangan zaman meski tak harus mengenakan barang bermerk dengan harga selangit. Tidakkah itu membuat dada sedikit membusung.

Pernah membayangkan masuk mall dengan pakaian sehari-hari ala kadarnya? Berani? Atau malu? Kalaupun malu, malu karena apa? Penilaian orang lain. Tidak juga? Yakin?

Perempuan-perempuan berabaya yang diwawancarai Nat Geo Adventure ini mengingatkan tentang saya dan lingerie. Saat remaja saya selalu memperlakukan pakaian dalam sama seperti pakaian luar. Memilih yang terbaik, dan mengenakan yang bagus. Temanku pernah mengejek dan mengatakan Emang siapa yang bakal lihat sih?. Dengan tegas aku jawab AKU. aku yang melihatnya,

Setelah menikah X juga menanyakan hal yang sama dengan kegilaanku pada pakaian dalam yang berkualitas, serasi dan terawat. Perhatian banget sih, emang siapa lagi yang bakal lihat. Sekali lagi dengan tegas saya bilang AKU.

Melihat tayangan ini, melihat perempuan-perempuan tersebut berbelanja pakaian bagus mengenakan tapi tidak memamerkannya membuatku makin kagum kepada mereka. Tak ada yang tahu apa yang mereka kenakan dibalik abaya panjangnya Pucci, Guccy ataupun Luccy

Tak peduli, tak perlu pamer, bangga apalagi PD hanya karena mengenakan yang terbaik dan ter-update. Tak perlu seluruh dunia melihat dan mengagumi penampilan mereka. Tapi mereka tahu mereka tampil terbaik dan puas dengan diri mereka. Mereka tahu itu dan semua itu cukup. I think they are most confident woman in the world. And the best part is they dont need to show off bout it.

PS : Buat yang punya komentar yang berbau agamis mohon menyimpannya sendiri :D


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post