Baby On Board

28 Jan 2011

Nggak perlu dikasih tahu lagi buat pengendara mobil bahwa seat belt demi keamanan. Air bag aksesori penting yg seharusnya jadi perhatian kalau ini memodifikasi mobil. Begitu pun helm bagi pengendara motor.

Tetapi ada sesuatu yang luput dari para pemiliki kendaraan, terutama mobil. Keselamatan dari sosok mungil yang menjadi curahan segala kebanggaan, kasih sayang bahkan kebahagiaan. Yah anak-anak kita.

Saya hampir tak pernah melihat seorang bayi atau balita yang duduk manis di car seat-nya saat dalam perjalanan. Meski di sebuah mobil bagus pun. Bayi atau balita tersebut dipangku manis oleh baby sitternya.

Yang sering terlihat justru stiker besar bertulisan Baby On Board. Seperti sebuah peringatan bahwa ada anak-anak yang sedang berpergian di dalam. Penyu dan X sering memerhatikan stiker itu dan sebisa mungkin menjaga jarak aman dengan mobil tersebut. Mungkin karena kami punya anak. Jadi mudah sekali berempati dengan stiker tersebut.

Tapi apakah semua orang seperti itu? Jawabannya saya tidak tahu. Lalu, kenapa tak menyediakan tempat duduk khusus di dalam mobil buat balita atau bahkan bayi Anda? Kalau hal tersebut jawabannya tentu hanya Anda sendiri yang bisa menjawab.

Baiklah baby car seat bukan barang yang murah, sama dengan kereta dorong atau susu formula yang diberikan pada buah hati Anda. Atau perhiasan emas yang juga sering dikenakan pada bayi perempuan.

Belum lagi kita harus mengganti sesuai usianya. Karena pertumbuhan anak-anak sangat pesat dan disesuaikan dengan perkembangan fisiknya juga. Mmm….. peer yah.

Tapi kalau kita sepakat mereka tak ternilai harganya dan kalau kita menempatkan hal itu juga sebuah kebutuhan buat bayi sama seperti kebutuhan lainnya. Masihkah akan terasa mewah atau mahal? Bukankah kita dengan sendirinya akan membuat perencanaan buat yang satu ini kalau saja kita menganggap penting dimiliki.

Dengan menabung, mengorbankan beberapa kebutuhan yang tidak mendesak, atau mengurangi kesenangan (belanja, jalan-jalan, makan enak, atau rokok) buat membelinya.

Rome doesn’t not build in one day iya gak. Semua bisa direncanakan jauh-jauh hari. Berburu di sebuah garage sale, membeli dari teman, kenalan, kenalannya teman yang sudah tidak membutuhkan lagi. Selalu ada jalannya. Yang dibutuhkan hanya kesabaran pengorbanan beberapa kesenangan pribadi. Dan yang pasti perhatian lebih pada keselamatan penumpang kecil kita.

Happy Safety Driving


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post